Pembelajaran Keberagaman Suku dan
Budaya di Indonesia menjadi salah satu momen yang paling seru dan berkesan bagi
para peserta didik. Dalam kegiatan kali ini, peserta didik diajak untuk
mengenal lebih dekat tentang berbagai suku, rumah adat, makanan tradisional,
dan alat musik khas dari berbagai daerah di Indonesia. Namun, pembelajaran
tidak dilakukan dengan cara biasa. Kali ini, saya mengemas kegiatan belajar
dengan cara yang menyenangkan, kreatif, dan penuh semangat.
Salah satu kegiatan utamanya adalah membuat diorama keberagaman budaya Indonesia. Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok dan mulai bekerja sama membuat miniatur yang menggambarkan kekayaan budaya Indonesia. Peserta didik berdiskusi, bekerja sama dalam kelompok masing-masing. Ada yang bertugas menggunting gambar (rumah adat, pakaian adat, makanan daerah, senjata tradisional dan alat musik tradisional), ada yang menempelkan dan merancang diorama, serta ada yang bertugas mengisi LKPD. Semua peserta didik terlihat kompak dan bersemangat dalam merancang diorama sehingga proses pembelajaran terasa sangat menarik.
Proses pembuatan diorama ini sangat seru. Peserta didik saling
berdiskusi, membagi tugas, dan membantu satu sama lain. Mereka terlihat sangat
antusias bekerja sama dalam timnya masing-masing. Disini, mereka tidak hanya
belajar budaya, tetapi juga belajar kerja sama, tanggung jawab, dan saling
menghargai pendapat teman.
Setelah diorama selesai, suasana kelas berubah menjadi lebih
meriah. Saya menyiapkan kuis interaktif seputar materi keberagaman budaya.
Pertanyaannya beragam, mulai dari nama rumah adat, asal makanan tradisional,
hingga bunyi alat musik. Setiap kelompok berlomba-lomba menjawab pertanyaan
dengan cepat dan tepat. Sorak-sorai dan gelak tawa terdengar di seluruh
ruangan. Ada yang berteriak karena senang menjawab dengan benar, ada juga yang
tertawa saat salah menjawab dengan lucu. Suasana menjadi sangat hidup dan
menyenangkan.
Melalui kegiatan ini, peserta didik bukan hanya mendapatkan
pengetahuan, tetapi juga pengalaman belajar yang tidak terlupakan. Mereka
belajar bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam dan indah.
Mereka juga diajak untuk bangga dan mencintai budaya sendiri.
Di akhir kegiatan, saya mengajak peserta didik melihat
kembali hasil karya diorama sambil mengulang materi dengan santai. Semua peserta
didik merasa bangga dengan apa yang telah mereka buat dan pelajari.
Pembelajaran hari ini bukan hanya soal pelajaran sekolah, tetapi juga tentang cinta tanah air, kebersamaan, dan semangat menjaga warisan budaya bangsa.